❤️ ADD TO VIDIO YOUTUBE ❤️ ❤️ADD TO FILE PDF ❤️
1. Mencermati format modul ajar dan komponen-komponen apa saja yang harus ada dalam sebuah modul ajar
Penulisan modul ajar bertujuan untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik berdasarkan kebutuhannya. Secara umum modul ajar memiliki komponen sebagai berikut:
Informasi umum seperti Identitas penulis modul , Identitas penulis modul , Kompetensi awal , Profil Pelajar Pancasila , Sarana dan prasarana , Target peserta didik , Model pembelajaran yang digunakan . komponen Inti meliputi Tujuan pembelajaran , Asesmen , Pemahaman bermakna , Pertanyaan pemantik , Kegiatan pembelajaran , Refleksi peserta didik dan pendidik . Lampiran terdiri dari Lembar kerja peserta didik , Pengayaan dan remedial , Bahan bacaan pendidik dan peserta didik , Glossarium, Daftar pustaka
Informasi Umum |
Komponen Inti |
Lampiran |
•Identitas Penulis Modul
•Komponen
awal
•Profil
Pelajar
Pancasila
•Sarana
dan Prasarana
•Target
Peserta
Didik
•Model
Pembelajaran
Yang Digunakan
|
•Tujuan Pembelajaran
•Asesmen
•Pemahaman
Bermakna
•Pertanyaan
Pematik
•Kegiatan
Pembelajaran
•Refleksi
Peserta
Didik
|
•Lembar Kerja Peserta Didik
•Pengayaan dan Remidial
•Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta Didik
•Glosrium
•Daftar
Pustaka
|
2. Berdiskusi tentang alasan perlunya menyesuaikan proses pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik.
Pembelajaran paradigma baru berpusat pada peserta didik, Karena itu, pembelajaran ini disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristik peserta didik. Bagaimana cara pendidik melakukan hal tersebut?
Dalam melakukan penyesuaian pembelajaran peran pendidik secara umum adalah sebagai berikut:
3. Mencermati rencana pembelajaran yang tertuang dalam modul ajar/RPP yang dibuat oleh guru di sekolah di mana mereka melaksanakan PPL.
Dari hasil yang kami cermati modul ajar/RPP yang dibuat oleh guru pamong kami masih sangat kurang. RPP yang beliau gunakan hingga saat ini adalah RPP pembelajaran daring pada saat covid yang 1 lembar.
4. Secara berkelompok menelaah kesesuaian pembelajaran dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik dari sebuah contoh perencanaan pembelajaran yang disediakan.
Jawaban no 3 dan 4
Dari hasil yang kami cermati modul ajar/RPP yang dibuat oleh guru pamong kami masih sangat kurang. RPP yang beliau gunakan hingga saat ini adalah RPP pembelajaran daring pada saat covid yang 1 lembar. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru masih memiliki kekurangan jika dilihat dari komponen Modul ajar/RPP yang seharusnya. Pada Modul ajar/ RPP yang dibuat oleh guru hanya ada identitas, KD, Tujuan Pembelajaran, media, alat bahan dan langkah-langkah pembelajaran. Tidak ada KI, sumber belajar , langkah-langkah pembelajaran yang lebih detail dll
5. Mendiskusikan dan mengidentifikasi kesesuaian pembelajaran dengan karakteristik peserta didik dilihat dari ruang lingkup materi pembelajaran, proses pembelajaran, produk hasil belajar, dan kondisi lingkungan belajar.
A. Ruang Lingkup Materi Pembelajaran
Ruang lingkup materi pembelajaran yang terdapat dalam RPP guru pamong sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik hal tersebut dibuktikan dengan adanya asesmen diagnostic yang dilakukan diawal pembelajaran untuk menegtahui kemampuan awal peserta didik sehingga saat kegiatan pembelajaran semua peserta didik dapat mengikuti dengan baik.. Materi yang disampaikan sudh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah dirummuskan pada RPP Kelas X
B. Proses Pembelajaran
Dalam menyampaiakn materi Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan guru menggunakaan metode ceramah tanpa menggunakan media LCD dll sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membosankan.
Guru selalu menggunakan metode ceramah kemudian diskusikelompok dan presentasi setelah itu diberikan tugas/PR yang ada di rumah untuk dikerjakan dan dibahas pada pertemuan selanjutnya. Dalam proses pembelajaran guru tidak memperhtatikan karakteristik peseta didik sehingga semua peserta didik harus bisa memahami pembelajaran dengan metode ceramah.
C. Produk Hasil Belajar
Produk adalah hasil yang dibuat oleh peserta didik sebagai bukti bahwa peserta didik telah memahami materi dan mampu mengimplementasikan materi tersebut di dunia nyata.
Sejauh ini dari hasil pengamatan dan wawancara kami dengan siswa, guru belum pernah menugaskan siswa untuk membuat produk belajar. Proses pembelajaran hanya dilakukan ceramah, diskusi kelompok , presentasi dan mengerjakan soal yang ada di buku paket. Sehingga pembelajaran diferensiasi belum terlihat. Siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik tidak dapat menyalurkan kemampuan mereka .
D. Lingkungan belajar yang asri dan nyaman di SMAN 3 Mataram sangat mendukung proses pembelajaran berdiferensiasi . fasilitas ruang kelas yang luas dan kipas angin menambah kenyamanan akan tetapi hal ini tidak digunakan maksimal oleh guru .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar