❤️ PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Pembelajaran Berdiferensiasi adalah suatu upaya untuk menyesuaikan proses didalam pembelajaran agar dapat memenuhi segala kebutuhan belajar masing - masing peserta didik dengan berpedoman pada urutan didalam proses yang logis
❤️ STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI
Kita sebagai guru tidak perlu lagi menyusun berbagai modul ajar agar dapat mengkomodasi berbagai kebutuhan belajar peserta didik yang beragam, Akan tetapi guru dapat melakukan penyesuaian pembelajaran yang sesuai dengan tingkat capaian dan karakteristik peserta didik, salah satunya dengan cara menyesuaikan ruang lingkup pembelajaran
- Tujuan Pembelajarannya Jelas
- Adanya Keragaman Guru dalam menanggapi atau merespon Kebutuhan Belajar Peserta Didik
- Manajemen Kelas yang Efektif
- Lingkungan Belajar Harus Mampu Mengundang Peserta Didik untuk Belajar
- Penilaian yang Berkesinambungan
❤️ KOMPONEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
- Konten/Isi - Materi yang diajarkan atau disampaikan pada peserta didik
- Proses - Bagaimana siswa mengolah ide dan memaknai informasi mengenai materi yang akan dipelajari
- Produk - siswa menunjuk kanapa yang dipelajari atau hasil pekerjaan atau unjuk kerja, misalnya dlam bentuk karangan, tulisan, hasiltes, pertunjukan, video dll.
Lingkungan Belajar - Bagaimana cara siswa bekerja dan merasa dalam pembelajaran
❤️ PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
- Menentukan Tujuan Pembelajaran
- Menganaisis Kebutuhan belajar dengan assesmen diagnostik
- Melakukan Pemetaan kebutuhan peserta didik yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar.
- Merencanakan pembelajaran dengan 3 strategi yaitu konten, proses dan produk
- Mengimplementasi rencana pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
Kesiapan Peserta Didik
Guru perlu melihat kesiapan belajar peserta didik untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mempelajari materi, konsep, atau keterampilan baru.
Minat Peserta Didik
Guru memberikan pilihan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan minat sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Profil Belajar Peserta Didik
Guru memberikan kesempatan Kepada Peserta didik untuk belajar sesuai dengan gaya belajarnya, kecerdasarkan majemuknya, pengaruh budaya serta lingkungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar