Kamis, 08 Desember 2022

❤️ PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN YANG EFEKTI I DI SEKOLAH MENENGAH - TOPIK 2 - AKSI NYATA ❤️

1.   Pemahaman Baru apa yang Anda dapatkan setelah Mempelajari Konsep Rancangan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Yang Efektif?

   Setelah saya mempelajari berbagai ilmu pengetahuan didalam konsep rancangan perencanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif saya dapat mengetahui tentang berbagai hal yaitu

   Melakukan Analisis terhadap Capaian Pembelajaran sehingga dapat menyusun Tujuan Pembelajaran Serta Alur Tujuan Pembelajaran

     CP atau yang sering disebut dengan Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap perkembangannya pada tiap – tiap mata pelajaran di setiap satuan pendidikan yaitu di pendidikan usia dini, pada pendidikan dasar serta pendidikan menengah. Kemudian Tujuan dari kegiatan Analisis pada CP atau Capaian Pembelajaran in dilakukan untuk dapat menyusun Tujuan Pembelajaran sesuai juga dengan Alur Tujuan Pembelajaran sehingga memperoleh peta kompetensi sehingga dapat menjadi rujukan untuk dapat melaksanakan pembelajaran. 

      Asesmen Diagnostik

     Pada asesmen diagnostik ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana kompetensi dan kekuatan peserta didik serta apa kelemahan peserta didik. Kemudian hasil dari asesmen diagnostic ini menjadi rujukan atau acuan untuk merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut. Biasannya assessment diagnostic dilakukan dengan menggali informasi tentang berbagai hal dari peserta didik seperti, kondisi latar belakang peserta didik, kesiapan dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, minat ataupun bakat peserta didik serta motivasi peserta didik dalam belajar. 

      Mengembangkan Modul Ajar

      Modul ajar dikembangkan untuk menjadi panduan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Modul ajar yang dikembangkan harus bersifat Esensial, Menarik, memiliki makna, serta menantang (tantangan), kemudian relevan, dan bersifat kontekstual serta berkesinambungan atau berkelanjutan. 

    Pembelajaran Harus Sesuai Dengan Capaian Pembelajaran Dan Harus Sesuai Dengan Karakteristik Peserta Didik

    Pada pembelajaran berparadigma baru yang dimana pembelajarannya berpusat pada peserta didik sehingga pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik serta disesuaikan pula dengan pencapaian peserta didik agar sesuai denga ruang lingkup materi pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Intinya dari tahapan ini kita sebagai guru sangat penting mengetahui karakteritik peserta didik itu seperti apa agar kita dapat menerpakan pembelajaran ang sesuai sehingga pembelajaran dapat berpusat kepada peserta didik. 

     Melakukan Perencanaan, Pelaksanaan Serta Mengolah Asesmen Formatif Dan Asesmen Sumatif

Kita sebagai seorang pendidik yang didalam pembelajaran paradigma baru harus lebih fokus pada asesmen formatif daripada asesmen sumatif. Kemudian kita sebagai seorang pendidik juga dapat menggunakan asesmen formatif untuk melakukan perbaikan didalam proses pembelajaran yang berkesinambungan. Untuk dapat melakukan perencanaan dan pelaksanaan asesmen. Kita sebagai seorang pendidik harus memperhatikan hal berikut.

·      Asesmen menjadi bagian terpadu didalam proses pembelajaran. Asesmen Menfasilitasi pembelajaran serta menyediakan informasi yang holistic.

·   Asesmen dirancang sesuai dengan fungsinya serta memberikan keluwesan dalam menentukan teknik asesmen serta pelaksanaanya.

·       Merancang asesmen dengan adil, reliable, dan valid serta proposional.

·       Bentuk laporan kemajuan belajar agar dibentuk dengan sederhana dan informatif

·   Setelah melakukan berbagai langkah dari perencaaan, pelaksanaan dan pengelolaan  kemudian didapatkan hasil dari asesmen tersebut yang dapat digunkan oleh peserta didik, guru ataupun tenaga kependidikan serta orang tua peserta didik.

       Pelaporan Kemajuan Belajar

     Pelaporan Kemajuan belajar ini dilakukan untuk dapat menggambarkan perkembangan peserta didik, yang akan dijadikan acuan dalam melakukan identifikasi bagian mana yang perlu untuk dikembangkan kembali, serta mengefektifitaskan pembelajaran. Rapor pada umumnya dan yang biasanya digunakan untuk melaporkan laporan kemajuan belajar peserta didik. 

      Melakukan Evaluasi Pembelajaran Dan Asesmen

Pada tahapan ini dapat dikatakan sebagai tahap melakukan refleksi pembelajaran serta melakukan asesmen terhadap modul ajar, kemudian dilanjutkan, melakukan identifikasi tentang apa yang sudah berhasil diakukan dan apa yang perlu untuk diperbaiki serta melakukan tindak lanjut dan melakukan modifikasi terhadap modul ajar yang akan digunakan pada pembelajaran selanjutnya.

 

2.   Bagian Manakah Dari Konsep Rancangan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Yang Paling Menantang?

Beberapa Bagian dari konsep Rancangan, Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen yang paling menantang yaitu pada bagian:

·      Guru harus melakukan perancangan asesmen pada awal pembelajaran, dan pada saat proses pembelajaran, serta pada bagian akhir pembelajaran. Dalam hal ini sangat menantang karena guru harus mengelola seluruh data pada asesmen awal, proses serta akhir pembelajaran.

·       Asesmen pada saat awal pembelajaran juga sangat menantang karena guru harus melakukan identifikasi seluruh peserta didik agar dapat mnentukan kebutuhan belajar peserta didik serta menentukan capaian yang akan dicapai peserta didik didalam pembelajaran.

Namun kita sebagai guru tidak perlu khawatir dengan tantangan tersebut karena pada dasar dan prinsipnya asesmen disusun dengan bentuk dokumen yang sederhana, bersifat fleksibel serta kontekstual. Namun tetap harus sesuai dengan CP atau Capaian Pembelajaran dengan memperhatikan karekteristik dari satuan pendidikan dan kita sebagai guru memastikan bahwa tujuan dari pembelajaran tersebut telah sesuai dengan kebutuhan peserta didik.


3.  Hal - Hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi Terkait dengan Rancangan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Yang Efektif?

Ada beberapa hal lainnya yang ingin saya pelajari pada rancangan perencanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif ini yaitu:

  • Saya ingin melakukan pengembangan modul ajar yang sesuai dengan kurikulum Merdeka Understanding By Design (UbD) yang modul ajarnya juga dapat mencakup literasi dan numerasi.
  • Saya ingin melakuakan perencanaan asesmen dengan baik dan benar kemudian saya ingin menerapkan didalam kelas asesmen yang telah saya pelajari ini sehingga saya dapat mengolah data asesmen yang saya lakukan didalam kelas tersebut.

Inilah beberapa hal yang ingin saya pelajari pada rancangan perencanaan pembelajaran dan asesmen yang efektif ini. 

 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 



 Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Mataram

1 komentar: