TUGAS 5
Hari/tanggal : Senin, 9 April 2018
Nama : WAHYU ANASTI
NIM: E1B117069
Kelas : Reguler Sore A
Alamat Email : wahyuanastii@gmail.com
Alamat Blog : wahyuanastii.blogspot.id
TUGAS - TUGAS PERKEMBANGAN BERDASARKAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH
Tugas Tugas Perkembangan adalah proses setiap individu yang sudah pasti akan dilalui oleh setiap individu. bersifat universal dan otomatis. dan Kegiatan keterampilan untuk proses perkembangan yang terjadi pada manusia normal.
Adapun tugas-tugas perkembangan anak usia sekolah menengah yaitu :
1.Mempelajari ketrampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum dilakukan anak-anak.
2.Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai individu yang sedang tumbuh.
3.Belajar menyesuaikan diri terhadap teman-teman sebaya.
4.Mulai mengembangkan peran social pria dan wanita secara tepat.
5.Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung.
6.Mengembangakan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.
7.Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tata nilai.
8.Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok social dan lembaga dilingkungan hidupnya.
9.Mencapai kebebasan pribadi.
Implikasi tugas perkembangan peserta didik pada usia sekolah menengah
1. Pendidikan yang berlaku di Indonesia, baik pendidikan yang di selenggarakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah, pada umumnya diselenggarakan dalam bentuk klasikal. Oleh karena itu, yang harus mendapatkan perhatian di dalam penyelenggaraan pendidikan adalah sifat-sifat dan kebutuhan umum remaja, seperti pengakuan akan kemampuannya, ingin untuk mendapatkan kepercayaan, kebebasan, dan semacamnya.
2. Beberapa usaha yang perlu dilakukan di dalam penyelenggaraan pendidikan, sehubungan dengan minat dan kemampuan remaja yang dikaitkan terhadap cita-cita kehidupannya antara lain adalah:
a. Bimbingan karier dalam upaya mengarahkan siswa untuk menentukan pilihan jenis pendidikan dan jenis pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.
b. Memberikan latihan-latihan praktis terhadap siswa dengan ber-orientasi kepada kondisi (tuntutan) lingkungan.
c. Penyusunan kurikulum yang komprehensif dengan mengem¬bangkan kurikulum muatan lokal.
3. Keberhasilan dalam memilih pasangan hidup untuk membentuk keluarga banyak ditentukan oleh pengalaman dan penyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya. Untuk me¬ngembangkan model keluarga yang ideal maka perlu dilakukan:
a. Bimbingan tentang cara pergaulan dengan mengajarkan etika pergaulan lewat pendidikan budi pekerti dan pendidikan keluarga.
b.Bimbingan siswa untuk memahami norma yang berlaku baik di dalam keluarga.
Sumber :
http://ambuau.blogspot.co.id/2015/05/tugas-tugas-perkembangan-peserta-didik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar