- Perasaan saya selama melakukan perubahan di dalam kelas
Pastinya saya sangat senang, karena saya sebagai guru dintuntut untuk selalu berkembang dan up to date dengan perkembangan zaman. Kemudian sebagai seorang guru juga dituntut untuk menguasai teknologi karena sekarag telah banyak berkembang pembelajaran yang berbasis teknologi tersebut. Selain menguasai teknologi guru juga harus kreatif dan menghasilkan cara-cara yang inofativ dalam pembelajarannya agar siswa tidak merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran.
- Ide atau gagasan saya yang timbul saat sepanjang saya melakukan proses perubahan yaitu ide ide membuat berbagai media pembelajaran yang kreatif, saya juga memiliki ide untuk mendesign LKPD agar lebih terlihat meraik, kemudian muncul juga ide-ide menerapkan pembelajaran dengan game untuk peserta didik agar peserta didik semangat dalam mengikuti proses pembelajaran PPKn.
- Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik dapat di amati dari hasil dan karya-karya tugas dari siswa siswa juga mengumpulka tugas-tugasnya dengan tepat waktu hal tersebut dapat terlihat bahwa siswa dapat disiplin waktu dalam hal mengumpulkan tugas siswa juga semakin rajin dalam belajar sehingga tumbuh kemaunnya untuk mengerjakan PR dan tugas didalam LKPD seluruh hal ini dapat menjadi catatan praktik yang telah kami amati selama melakukan PPL.
- ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) aksi Anda.
Seluruh rangkaian pelaksanaan dalam pembelajaran tersebut sangat terekan di dalam pikiran mulai dari tahap perencanaan , kami bersama rekan-rekan PPG menyusun rencana untuk membuat pembelajaran yang di mix dengan game, kemudian kami memikirkan game game yang cocok untuk materi pembelajaran tersebut, kami juga merencanakan berbagai macam ice breaking yang berbeda - beda untuk, untuk membangkitkan semangat peserta didik agar semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, Kemudian kami juga menyusun berbagai media pembelajaran yang kreatif, cantik, dan inovatif agar siswa dapat merasa senang mengikuti proses pembelajaran dengan berbagi media pembelajaran yang kreatif tersebut.
Seluruh perencanaan yang telah kami buat bersama rekan-rekan PPG di SMA Negeri 3 Mataram pun telah selesai dan siap diterapkan didalam kelas, dan hasilnya setelah kami terapkan di dalam kelas , peserta didik jauh lebih bersemangat mengikuti pembelajaran PPKn kemudian peserta didik dapat memahami lebih banyak dari sebelumnya mengenai poin-point materi pembelajaran PPKn tersebut, kemudian peserta didik juga semakin berkreasi dan semakin kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, seperti mengerjakan tugas membut peta konsp menggunakan kertas buffalo, mengerjakan tugas di buku tulis dengan berbagai pulpen warna-warni sehingga hasil tugas siswa tersebut sangat menarik untuk dibaca, cantik rapi dan indah.
- Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan peserta didik yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan.
Testimoni dari guru pamong saya yaitu Ibu Dra. Siti Ramlah yang mengatakan bahwa pembelajaran yang saya terapkan didalam kelas tersebut sangat bagus, siswa menjadi lebih memahami materi yang disampaikan karena bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan game tersebut.
Testimoni lainya yaitu dari salah satu peserta didik di kelas yang saya pegang yaitu kelas X MIPA 1 yang mengungkapkan bahwa kami (siswa) harus sering-sering belajar menggunakan game karena kami (siswa) sangat senang belajar dengan game, dan belajarnya juga menjadi lebih seru dan lebih cepat memahami materi pelajaran tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar