TUGAS 8
Hari/tanggal : Sabtu, 13 Mei 2018
Nama : WAHYU ANASTI
NIM: E1B117069
Kelas : Reguler Sore A
Alamat Email : wahyuanastii@gmail.com
Alamat Blog : wahyuanastii.blogspot.id
No hp: 083142724607
TAHAPAN – TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK USIA MENEGAH (SMP/MTs)
PERKEMBANGAN FISIK
Perkembangan psikomotorik berkaitan dengan keterampilan motorik, yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak. anggota tubuh yang sudah mulai pada laki-laki tumbuh jakun dan kumis serta tumbuh lebih tinggi. Dan pada remaja wanita tumbuh payudara, serta mestruasi. serta siswa mampu melakukan gerakan sesuai pikiran maupun spontan,
PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
Menurut Piaget anak-anak SMP, yaitu usia 11-15 tahun berada
pada periode formal operasional. mental
pada anak tidak lagi terjadi pada objek konkret, tapi juga dapat diaplikasikan
pada kalimat verbal atau logika dan abstrak. Dengan demikian pada tahap ini peserta didik
sudah memiliki kemampuan berfikir, pemahaman, berfikir sistematis, berfikir
abstrak dan hipotesis, berpikir logis serta berpengetahuan. Siswa sudah mampu
melakukan berbagai jenis teori penelitian, metodologi, pengumpulan dan
penganalisisan data guna mengasah kemampuan
memori, konseptual (aspek kunci dari pembelajaran).
PERKEMBANGAN EMOSI
Perkembangan Afektif berkaitan dengan perkembang emosional peserta didik. Pola emosi masa remaja adalah sama dengan pola emosi masa kanak-kanak. Jenis emosi yang nomal dialami adalah: cinta/kasih sayang, gembira, amarah, takut, dan cemas, cemburu, sedih, dll. Perbedaannya tertelak pada macam dan derajat rangsangan yang membangkitkan emosinya, dan khususnya pola pengendalian yang dilakukan individu terhadap ungkapan emosi mereka. Pada tahap perkembangan ini peserta didik sering memberontak, banyak murung, bertingkah kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri dan karena bertambah bebas, banyak remaja yang mengalami konflik dengan orang tuanya.
PERKEMBANGAN SOSIAL, MORAL DAN SIKAP
Alamat Blog : wahyuanastii.blogspot.id
No hp: 083142724607
No hp: 083142724607
TAHAPAN – TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK USIA MENEGAH (SMP/MTs)
Perkembangan psikomotorik berkaitan dengan keterampilan motorik, yang berhubungan dengan anggota tubuh atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otak. anggota tubuh yang sudah mulai pada laki-laki tumbuh jakun dan kumis serta tumbuh lebih tinggi. Dan pada remaja wanita tumbuh payudara, serta mestruasi. serta siswa mampu melakukan gerakan sesuai pikiran maupun spontan,
PERKEMBANGAN INTELEKTUAL
Menurut Piaget anak-anak SMP, yaitu usia 11-15 tahun berada
pada periode formal operasional. mental
pada anak tidak lagi terjadi pada objek konkret, tapi juga dapat diaplikasikan
pada kalimat verbal atau logika dan abstrak. Dengan demikian pada tahap ini peserta didik
sudah memiliki kemampuan berfikir, pemahaman, berfikir sistematis, berfikir
abstrak dan hipotesis, berpikir logis serta berpengetahuan. Siswa sudah mampu
melakukan berbagai jenis teori penelitian, metodologi, pengumpulan dan
penganalisisan data guna mengasah kemampuan
memori, konseptual (aspek kunci dari pembelajaran).
PERKEMBANGAN EMOSI
Perkembangan Afektif berkaitan dengan perkembang emosional peserta didik. Pola emosi masa remaja adalah sama dengan pola emosi masa kanak-kanak. Jenis emosi yang nomal dialami adalah: cinta/kasih sayang, gembira, amarah, takut, dan cemas, cemburu, sedih, dll. Perbedaannya tertelak pada macam dan derajat rangsangan yang membangkitkan emosinya, dan khususnya pola pengendalian yang dilakukan individu terhadap ungkapan emosi mereka. Pada tahap perkembangan ini peserta didik sering memberontak, banyak murung, bertingkah kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri dan karena bertambah bebas, banyak remaja yang mengalami konflik dengan orang tuanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar